1. Tujuan Digital Marketing
Sebagian besar digital marketing memiliki sasaran untuk mencapai berbagai tujuan, seperti:
- Meningkatkan pangsa pasar.
- Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website.
- Meningkatkan pendapatan penjualan.
- Mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi.
- Mencapai tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran merek.
- Meningkatkan ukuran database.
- Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan.
- Memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan.
2. Jenis-Jenis Digital Marketing
Ada beberapa jenis-jenis digital marketing yang harus kamu ketahui di antaranya:
Push digital marketing
Jenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing yang masuk kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.
Pull digital marketing
Tidak seperti jenis push digital marketing di mana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.
Para konsumen mencari informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka cari.
3. Manfaat Digital Marketing
Ada pun manfaat digital marketing, yaitu:
- Menghubungkan dengan konsumen di Internet.
- Menghasilkan penjualan yang tinggi.
- Membuat pelaku lebih hemat.
- Mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
- Menghubungkan pelaku dengan konsumen yang menggunakan perangkat mobile.
- Membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
- Memberikan Roi yang lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan.
- Menjaga posisi terhadap pesaing.
- Membantu bersaing dengan perusahaan besar.
- Mempersiapkan untuk era internet of things.